Syarat Donor Darah

Syarat Donor Darah – Donor darah merupakan salah satu perbuatan baik yang bertujuan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Selain itu juga donor darah bisa menjaga kesehatan jantung serta membuat darah mengalir dengan lancar.

Donor darah adalah proses pengambilan darah secara sukarela untuk di simpan di bank darah sebagai stok darah. Yang kemudian di gunakan untuk transfusi darah bagi yang membutuhkan.

Syarat Donor Darah

Syarat Donor Darah

Adapun syarat – syarat yang harus kita ketahui sebelum mendonorkan darahnya.  Syarat mendonorkan darah yaitu:

  1. Tidak menderita penyakit diabetes melitus, kanker, penyakit jantung, penyakit paru, tekanan darah tinggihepatitis B dan C, sifilis, dan HIV/AIDS
  2. Berumur minimal 17- 60 tahun ( usia 17 tahun di perbolehkan untuk melakukan donor darah apabila sudah mendapatkan izin dari orangtua ).
  3. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole yang baik adalah  di bawah 110-160 dan diastole di bawah 70-100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi.
  4. Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram.
  5. Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan.
  6. Temperatur tubuh normal 36,6 – 37,5 derajat Celcius.
  7. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit.
  8. Pendonor darah mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran. Setelah itu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter.

Bagaimana hubungan donor darah dan anemia?

Pada kasus anemia, penderita biasanya memiliki kadar hemoglobin <12,5 g/dL sehingga mereka dilarang untuk mendonorkan darahnya. Di samping itu, mendonorkan darah juga akan mengurangi cadangan zat besi di dalam tubuh. Jika cadangan zat besi dalam tubuh berkurang, maka dapat memperparah anemia pada penderitanya. Tak hanya pada penderita anemia, alasan ini juga berlaku pada pendonor darah yang tidak anemia.  Artinya, pendonor darah yang tidak anemia harus mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan vitamin C agar mereka tidak terserang anemia setelah mendonorkan darah.

Jika Anda menderita anemia dan ingin mendonorkan darah, hal pertama yang harus dilakukan adalah cara mengatasi anemia sesuai dengan penyebabnya. Ini juga untuk mencegah komplikasi serius yang bisa saja terjadi.

Sekian & Terimakasih.

You may also like...

1 Response

  1. November 12, 2018

    […] tak semua orang dapat mendonorkan darahnya. Bagi anda yang mau menjadi pendonor juga harus memenuhi syarat donor darah yang harus terpenuhi. Setelah memenuhi persyaratan sebaiknya anda segera melakukan donor darah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *