Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah – Penyempitan pembuluh darah ini tak jarang sering dikaitkan dengan adanya penyakit jantung. Namun, selain dari penyakit jantung ada juga beberapa hal yang dapat menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah. Apa saja yang menjadi penyebabnya? untuk lebih jelas, mari kita simak artikel dibawah ini mengenai penyebab penyempitan pembuluh darah.

Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan bagian penting dalam tubuh karena merupakan bagian dari sistem sirkulasi yang berfungsi untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh. Penyempitan pembuluh darah jika terjadi di daerah jantung akan menyebabkan serangan jantung (infark). Sementara penyumbatan yang terjadi di daerah leher hingga otak akan memicu stroke. Penyempitan pada pembuluh darah jika tidak segera ditangani akan berakibat pada gejala penyumbatan jantung yang beresiko terkena serangan jantung.

Penyempitan pembuluh darah dapat terjadi dengan sendirinya ketika darah sedang mengatur pasokan darah dan tekanan darah pada bagian tubuh tertentu.  Pembuluh darah juga bisa mengalami penyempitan karena adanya tempat yang dingin atau memiliki suhu yang rendah daripada suhu tubuh. Pada saat darah mengalami penyempitan dan cedera pada hal tersebut dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang akan berbahaya. Untuk mencegahnya, gunakan cara mencegah pembuluh darah pecah agar tidak memperburuk kondisi pembuluh darah akibat adanya penyempitan.

Selain terjadi secara alami penyempitan pembuluh darah juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

  • Pengaruh obat-obatan.
    Dengan mengkonsumsi obat-obatan juga bisa berpengaruh terhadap penyempitan pembuluh darah contohnya obat anti depresi, anti-Parkinson, dan obat yang digunakan untuk mengurangi perdarahan setelah melahirkan.
  • Pengaruh penyakit tertentu.
    Contoh penyakit yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah adalah sindrom vasokonstriksi serebral reversibel. Kondisi ini terjadi ketika otot-otot yang memengaruhi aktivitas pembuluh darah di dalam otak terganggu dan ditandai dengan rasa sakit kepala yang datang tiba-tiba. 
  • Kondisi Pskologis.
    Jika anda sering mengalami stres atau masalah psikologis lainnya, sistem peredaran darah di dalam tubuh akan menjadi tidak normal, pembuluh darah juga bisa mengalami penyempitan secara tiba-tiba. Akibat dari kondisi ini akan menyebabkan ritme jantung menjadi tidak teratur.

Untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah hal pertama yang harus anda lakukan yaitu melakukan pola hidup dan makan yang sehat serta harus rutin berolahraga karena dengan begitu penyakit apapun tidak akan menyerang tubuh. Demikian informasi tentang penyebab penyempitan pembuluh darah semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *