Penyebab Pembuluh Darah Pecah

Penyebab Pembuluh Darah Pecah –  Akibat dari pembuluh darah pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mengakibatkan pendarahan dibagian kepala. Pembuluh darah yang mengalami pecah akan berakibat fatal untuk itu ketahui penyebab dari pembuluh darah pecah supaya anda bisa hati-hati.

Salah satu penyebab kematian secara mendadak bisa juga disebabkan karena pecahnya pembuluh darah yang dapat terjadi pada siapa saja. Pembuluh darah yang pecah pada bagian otak merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh rusak atau robeknya pembuluh darah yang terjadi di area antara otak dan lapisan tipis yang melindungi otak.

Penyebab Pembuluh Darah Pecah

Seseorang yang mengalami pecahnya pembuluh darah akan memiliki gejala seperti pusing, sakit kepala hebat yang disertai dengan muntah. Yang lebih buruknya, bisa juga mengalami pendarahan dibagian telinga dan kelumpuhan pada satu bagian tubuh. Untuk mengatasi itu maka anda harus mengatasinya dengan cara mencegah pembuluh darah pecah supaya tidak akan membahayakan bagi fungsi tubuh.

Penyebab Pembuluh Darah Pecah

Ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan terjadinya pembuluh darah pecah pada bagian otak yang harus anda waspadai yaitu :

  1. Trauma kepala.
    Kondisi ini sering terjadi pada orang yang berusia 50 tahunan kemungkinan besar terjadi karena kecelakaan. Untuk mencegah terjadinya trauma kepala sebaiknya apabila anda sedang berkendara patuhi rambu lalu lintas dan gunakan sabuk pengaman serta helm untuk mencegah adanya cidera pada kepala atau otak.
  2. Tekanan darah tinggi.
    Akibat dari lemahnya dinding pembuluh darah pada penderita darah tinggi akan sangat beresiko mengalami pendarahan otak.
  3. Pembengkakan pembuluh darah (Aneuresmia).
    Aneurisma adalah bagian dari pembuluh darah yang membesar menyerupai balon pada bagian pembuluh darah yang lemah tersebut. Apabila tidak diatasi, aneurisma akan semakin membesar dan pada akhirnya pecah dan mengakibatkan perdarahan pada otak. Aneurisma dapat diperburuk dengan peningkatan tekanan darah (hipertensi)
  4. Merokok
    Tembakau yang terdapat pada kandungan zat rokok dapat  berbahaya dan akan menyebabkan risiko pecahnya pembuluh darah di otak. Perokok mempunyai resiko 10 kali lebih besar mengalami pecahnya pembuluh darah dibanding mereka yang tidak merokok sama sekali.
  5. Tumor Otak.
    Pertumbuhan sel-sel dalam tengkorak secara abnormal (tidak normal). 

Pembuluh darah sebenarnya dapat kita cegah, pencegahannya yaitu dengan menghentikan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko, selain itu lakukan olahraga rutin. Demikian informasi tentang penyebab pembuluh darah pecah semoga bermanfaat.

You may also like...

1 Response

  1. November 30, 2018

    […] dapat menyebabkan diseksi aorta penyakit hipertensi juga dapat menjadi penyebab pembuluh darah pecah. Untuk menjaga agar tidak terjadi diseksi aorat sebaiknya bagi anda yang perokok berhenti merokok […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *