Pencegahan Penyakit Aterosklerosis

Pencegahan Penyakit AterosklerosisPenyakit aterosklerosis merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Hampir 28% orang meninggal akibat dari penyakit aterosklerosis yang disebabkan oleh penyakit stroke dan jantung. Bagaimana cara mencegah penyakit ini supaya tidak menyerang tubuh kita? berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya.

Aterosklerosis merupakan suatu kondisi penyempitan dan penebalan arteri karena penimbunan plak pada dinding arteri yang dapat menyebabkan peredaran darah dari oksigen ke organ tubuh akan mengalami penghambatan. Akibat dari tersumbatnya pembuluh darah dapat menyebabkan gejala penyumbatan jantung dan berbagai penyakit seperti stroke, jantung bahkan sampai kematian.

Pencegahan Penyakit Aterosklerosis

Pencegahan Penyakit Aterosklerosis

Akibat dari penyakit jantung akan menyebabkan gejala seperti nyeri dada terutama pada saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Sedangkan akibat stroke dapat menyebabkan gejala seperti kelumpuhan mendadak anggota gerak, kelumpuhan otot wajah, kesulitan berbicara, makan, dan minum, penglihatan ganda, gangguan keseimbangan, kebingungan, serta kesulitan untuk mengerti pembicaraan. Stroke berat dan serangan jantung bisa berakibat fatal pada tubuh yaitu kematian.

Sebagai manusia kita tentunya selalu ingin tubuh sehat dan jauh dari penyakit apapun termasuk aterosklerosis. Untuk itu, supaya anda bisa mencegahnya lakukan beberapa hal yang bisa membuat anda agar terhindar dari penyakit aterosklerosis diantaranya yaitu :

  1. Cek kesehatan secara rutin.
    Untuk mencegah terjadinya penyakit sebaiknya anda cek kesehatan secara rutin dan jika terdapat masalah kesehatan konsultasikan supaya dokter memberikan saran yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Selalu cek juga tekanan darah dan kolesterol.
  2. Melakukan olahraga teratur.
    Dengan berolahraga selain membuat tubuh anda bisa kembali segar olahraga juga dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan kandungan lemak dalam darah.
  3. Berhenti merokok.
    Jika anda merupakan seorang perokok, sebaiknya hentikan merokok anda dari sekarang karena jika tidak merokok bisa merusak dinding arteri dan membuat lebih rentan terhadap plak.
  4. Menjaga pola makan.
    Makanan dan minuman yang manis harus dihindari oleh penyandang diabetes melitus. Sebaiknya konsumsi bawang dengan rutin untuk menurunkan trigliserida dan menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh.

Untuk mencegah terjadinya aterosklerosis sebaiknya anda tidak boleh terlalu sibuk luangkan waktu untuk merubah pola buruk hidup supaya untuk melindungi kesehatan arteri. Demikian artikel tentang pencegahan aterosklerosis semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *