Operasi Batu Empedu

Operasi Batu Empedu Apabila tidak bisa disembuhkan dengan menggunakan obat solusi terakhir untuk menghilangkannya yaitu dengan cara operasi. Operasi ini diambil karena ukuran batu yang tidak memungkinkan untuk dihancurkan.

Untuk menghindari penyakit batu empedu cara mencegah batu empedu harus kita lakukan supaya menghindari adanya resiko berbahaya akibat batu empedu. Operasi batu empedu memiliki durasi pemulihan yang berbeda-beda tergantung jenis tindakan yang diambil. Operasi batu empedu jenis laparoskopi hanya memakan waktu satu minggu untuk pemulihan di rumah sakit sedangkan operasi terbuka membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar dua hingga tiga minggu untuk menjalani pemulihan di rumah sakit.

Cara Cepat Untuk Memulihkan Setelah Operasi Batu Empedu

Operasi Batu EmpeduPenyembuhan setelah operasi tergantung dari besar luka operasi, kemampuan regenerasi yang dipengaruhi berbagai faktor seperti genetik, nutrisi, ada tidaknya infeksi. Supaya anda bisa cepat pulih pasca operasi ada beberapa tips yang bisa anda lakukan selama masa pemulihan yaitu :

  1. Menjaga asupan pola makan dan mengurangi konsumsi gula.
    Pilihlah makanan yang tidak mengandung lemak dan tidak mengandung kolestrol tinggi karena akan membebani kinerja saluran empedu. Sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan kurangi mengkonsumsi gula karena akan beresiko diabetes yang akan berpengaruh pada cairan empedu.
  2. Banyak minum air putih.
    Dengan meminum air putih berfungsi untuk menjaga kondisi pasien dan untuk mempercepat rehidrasi tubuh. Banyak minum air putih juga dapat membantu melancarkan pencernaan selain itu juga air putih dapat digunakan sebagai terapi air putih untuk batu empedu.
  3. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat.
    Hal ini supaya menghindari membuka luka hasil operasi yang belum mengering dengan benar. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pasien terkait dengan jahitan luka pasca operasi yaitu untuk tidak membasahi jahitan dengan air selama 24 jam pertama.
  4. Melakukan pemeriksaan dengan tepat waktu.
    Dengan cara pemeriksaan yang rutin kepada dokter merupakan salah satu cara yang bisa membuat pemulihan anda agar cepat. Hal ini karena biasanya dokter memberikan obat pereda sakit jika pasien mengalami sakit pasca operasi.
  5. Tarik nafas secara berkala.
    Menarik nafas secara berkala pada saat batuk yaitu agar merangsang organ pernafasan kembali normal setelah melakukan operasi batu empedu. Pasien dianjurkan untuk melakukan batuk secara berkala untuk menghindari terkena pneumonia yang disebabkan oleh menumpuknya cairan di paru paru. Selain itu menarik nafas secara berkala juga dimaksudkan untuk melatih pergerakan perut agar memudahkan pergerakan saluran empedu.

Tips diatas dapat anda gunakan untuk cepat pulih setelah operasi batu empedu dan menghindari terjadinya kembali batu empedu. Demikian informasi tips cepat sembuh pasca operasi batu empedu semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *