Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah DarahKekurangan sel darah merah bisa saja menyebabkan anemia. Apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan jumlah darah merah? berikut adalah makanan yang bisa anda makan untuk mengatasi anemia.

Makanan Penambah Darah

Anemia merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang, anemia itu sendiri bisa terjadi akibat oleh kurangnya asupan zat besi pada tubuh seseorang. Meskipun anemia sering dianggap penyakit yang tidak serius namun apabila tidak segera di obati akan menimbulkan masalah yang serius seperti penyakit jantung.

Makanan Penambah Darah

Adapun cara mengobati anemia dan mencegah anemia yang mudah dilakukan untuk meningkatkan sel darah merah. Supaya dapat mencegah kekurangan darah adalah dengan mengkonsumsi makanan dan menerapkan pola hidup yang sehat. Sebaiknya memakan makanan yang dapat memenuhi produksi darah merah diantaranya :

  1. Dengan mengkonsumsi jeruk.
    Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung nutrisi baik untuk membantu penyerapan zat besi. Jeruk yang cukup banyak mengandung vitamin C di percaya dapat mengatasi penyakit anemia.
  2. Bayam.
    Tidak hanya kaya akan zat besi, bayam juga mengandung kalsium, serat, vitamin E, protein, dan vitamin A. Disarankan agar bayam diolah terlebih dulu, seperti direbus atau ditumis. Cara ini akan lebih memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisinya.
  3. Madu.
    Selain mengandung vitamin dan mineral madu juga mengandung zat kaya besi yang sangat di butuhkan oleh tubuh supaya meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh.
  4. Wortel.
    Wortel merupakan buah yang mengandung vit A, Kandungan vit A dapat berperan untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  5. Jeroan.
    Jeroan, organ dalam hewan seperti hati, ginjal, otak dan jantung, mengandung zat besi yang tinggi. Hati juga kaya akan vitamin B12, seng dan fosfor. Hati bisa meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga dapat melawan anemia.
  6. Beras merah
    Beras merah mengandung serat  yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan membersihkan tubuh dari racun. Kandungan zat besi yang tinggi dalam beras merah juga sangat efektif untuk menambah darah.

Selain mudah mendapatkannya makanan di atas juga terbilang sangat murah untuk kita konsumsi. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tubuh pun kembali sehat. Jika sudah sembuh maka tidak akan mengganggu pada saat menjalankan aktivitas sehari – hari.

Demikian penjelasan mengenai makanan penambah darah semoga bermanfaat.

Terimakasih.

You may also like...

2 Responses

  1. November 9, 2018

    […] oleh anemia. Tidak hanya itu anda juga bisa melakukan pencegahan anemia dengan mengkonsumsi makanan penambah darah seperti jeruk dan kurma karena ke 2makanan tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk penyerapan […]

  2. November 10, 2018

    […] juga dapat kita atasi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi pada makanan penambah darah yang wajib anda konsumsi seperti kurma dan jeruk untuk bisa melawan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *