Gejala Penyumbatan Jantung

Gejala Penyumbatan JantungJantung merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi penting yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Namun, bagaimana bila jantung mengalami penyumbatan?untuk lebih jelas, mari kita simak dibawah ini.

Penyumbatan yang terjadi pada jantung dapat mengakibatkan serangan jantung yang dapat membahayakan karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dapat mematikan. Penyumbatan merupakan  gangguan pembuluh darah jantung yang mengakibatkan  penyakit jantung koroner  yang terjadi pada dapat disebabkan karena adanya penumpukan plak. Pembuluh darah ini mengelilingi jantung dan bertugas membawa asupan oksigen dan berbagai nutrisi dari tubuh menuju jantung.

Gejala Penyumbatan Jantung

Gejala Penyumbatan Jantung

Plak atau aterosklerosis umumnya  terbentuk dari koleterol, lemak, kalsium, sisa metabolisme, dan bahan pembekuan darah bernama fibrin. Aterosklerosis dapat dicegah dan diobati dengan cara mengobati aterosklerosis yang tepat dan aman. Penyumbatan jantung dapat karena beberapa faktor yaitu Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, merokok, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Gejala Penyumbatan Jantung

Akibat dari penyumbatan jantung akan berawal sejak usia muda sehingga plak akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Gejala yang umumnya terjadi yaitu adanya penyempitan bahkan pemecahan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit stroke dan atau serangan jantung. Adapun beberapa gejala lainnya dari penyumbatan jantung yaitu 

  1. Mengalami sakit dada.
    Sakit dada yang diakibatkan oleh penyumbatan jantung dapat terjadi sangat hebat dengan sensasi perih dan dada seperti diremas. Rasa sakit ini tidak hanya muncul pada bagian dada tetapi akan terus menjalar bahu kiri, lengan, leher, rahang, dan punggung. Tidak hanya itu akibat penyumbatan jantung juga dapat mengakibatkan anda merasa mual, kelelahan, dan berkeringat.
  2. Gejala detak jantung.
    Pada kondisi penyumbatan jantung akan berpengaruh pada jantung yaitu detak jantung yang tidak beraturan seperti biasanya, merasa lemah, dan pusing.
  3. Mengalami serangan jantung.
    Jika aliran darah terhalang, kondisi tersebut akan mengakibatkan serangan jantung yang bisa terjadi pada saat anda berolahraga, makan, dan terpapar suhu dingin.

Untuk mencegah terjadinya gejala penyumbatan jantung sebaiknya anda harus bisa mengendalikan faktor resiko penyumbatan jantung dan supaya mengurangi serangan jantung. Untuk mengatasinya, ubahlah pola makan dan berhenti merokok untuk menghindari komplikasi yang dapat terjadi.

Demikian artikel tentang gejala penyumbatan jantung semoga bermanfaat.

You may also like...

2 Responses

  1. November 28, 2018

    […] akan memicu stroke. Penyempitan pada pembuluh darah jika tidak segera ditangani akan berakibat pada gejala penyumbatan jantung yang beresiko terkena serangan […]

  2. November 29, 2018

    […] organ tubuh akan mengalami penghambatan. Akibat dari tersumbatnya pembuluh darah dapat menyebabkan gejala penyumbatan jantung dan berbagai penyakit seperti stroke, jantung bahkan sampai […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *