Gejala Batu Empedu

Gejala Batu Empedu – Batu empedu merupakan salah satu penyakit sering terjadi dan harus segera ditangani atau diobati. Jika penyakit ini tidak segera diobati maka bahayanya akan menimbulkan infeksi yang lebih parah.

Penyakit batu empedu merupakan penyakit yang dapat menyebabkan  penyumbatan pada saluran empedu atau pindah ke dalam sistem pencernaan. Meski pada awalnya tidak menimbulkan gejala namun, anda harus tetap waspada karena jika anda tidak melakukan penanganan dan obat penghancur batu empedu maka hal buruk yang akan terjadi adalah batu empedu akan semakin parah dan menyebabkan bahaya.

Gejala Batu Empedu

Tidak hanya karena kelebihan kolesterol, kebanyakan kasus batu empedu juga bisa disebabkan karena adanya makanan penyebab batu empedu.

Selama batu empedu tidak menyumbat saluran empedu maka tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun sebaliknya, jika batu yang terbentuk menyumbat saluran empedu maka gejala penyakit empedu bisa muncul tiba-tiba. Salah satu utama batu empedu yang sering muncul ialah nyeri mendadak dan cukup hebat selama berjam-jam di area perut. Rasa sakit/nyeri ini biasanya muncul pada beberapa bagian perut, seperti bagian atas, tengah atau kanan perut, yang dapat menyebar ke salah satu sisi tubuh atau tulang belikat. Rasa sakit juga cenderung terjadi setelah makan dan menjadi lebih parah jika sedang mengambil napas dalam-dalam.

Waspada Batu Empedu Yang Susah Parah

Gejala batu empedu yang harus diwaspadai karena sudah masuk dalam tahap kronis ialah :

  1. Detak jantung berdebar cepat.
    Detak jantung semakin cepat seperti tidak biasanya merupakan salah satu gejala batu empedu kronis yang sering diabaikan. Padahal kondisi ini merupakan tanda bahwa kondisi kesehatan yang semakin buruk.
  2. Demam tinggi dengan suhu tubuh 38 ° C atau lebih
    Demam tinggi memang bukan gejala khas batu empedu karena bisa juga merupakan gejala dari penyakit lain seperti tifus, atau demam berdarah. Tetapi pada sebagian besar kasus penderita batu empedu mengalami demam sehingga memerlukan perawatan tepat.
  3. Sakit kuning.
    Penyakit kuning disebabkan oleh zat yang disebut bilirubin yang berlebihan dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk dari sel darah merah yang mati di hati. Selain terdapat perubahan warna kulit dan mata penyakit empedu juga dapat berpengaruh pada perubahan warna urine yang berubah menjadi warna cokelat dan tinja menjadi lebih pucat.
  4. Kesulitan Bernafas.
    Bila batu empedu sudah dalam tingkat parah maka akan menyebabkan penderita kesulitan bernafas bahkan perut bisa terasa sakit pada saat mengambil napas.

Demikian informasi tentang gejala batu empedu yang sudah parah semoga bermanfaat dan jika anda mempunyai penyakit empedu sebaiknya harus segera ditangani sebelum terlambat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *